-- Sido Muncul Store -- Aneka Produk Jamu, Obat, dan Suplemen Herbal dari Sido Muncul Store di Tokopedia

Jumat, 17 November 2023

Banyak Diklat Skill Stagnan

Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (PANRB) Abdullah Azwar Anas mengatakan pemerintah tengah menyiapkan sistem pendidikan yang baru untuk Pegawai Negeri Sipil. Program pendidikan dan pelatihan (diklat) yang selama ini ada dinilai hanya digunakan untuk naik jabatan.

Perbaikan program pendidikan untuk PNS itu akan dimuat dalam peraturan pemerintah yang tengah disusun oleh kementeriannya. Peraturan pemerintah tersebut merupakan aturan pelaksana dari Undang-Undang Nomor 20 tentang Aparatur Sipil Negara.

Instansi pembina jabatan fungsional yang saat ini ada akan ditransformasi menjadi learning institute. Instansi-instansi tadi akan menyiapkan konten pembelajaran yang sesuai dengan bidang masing-masing. Anas akan menunjuk Lembaga Administrasi Negara (LAN) sebagai koordinator yang menyiapkan konten pembelajaran untuk seluruh instansi-instansi tersebut.

Pemerintah ke depannya juga akan menyiapkan learning wallet. Learning wallet ini akan menjadi platform yang fleksibel untuk kebutuhan pembelajaran ASN.

Perubahan program belajar ini diperlukan karena program diklat yang selama ini dilakukan kepada ASN seringkali tidak sesuai kebutuhan. Diklat hanya diselenggarakan dan diikuti ASN hanya untuk kepentingan naik pangkat.

Comments
0 Comments

0 comments:

Posting Komentar

Arsip Blog