-- Sido Muncul Store -- Aneka Produk Jamu, Obat, dan Suplemen Herbal dari Sido Muncul Store di Tokopedia

Selasa, 21 Oktober 2014

'Mahasiswa Jangan Bercita-cita Jadi PNS'

Ketua Himpunan Pengusaha Muda Indonesia (HIPMI) Sulawesi Selatan, Amirullah Abbas, mengatakan mahasiswa tidak boleh berorientasi ingin menjadi pegawai negeri sipil (PNS). Sebab kuota untuk PNS setiap tahun sangat terbatas. "Tidak sebanding dengan jumlah lulusan perguruan tinggi setiap tahun di seluruh Indonesia," kata Amirullah, Senin 20 Oktober 2014. 

Menurut dia, sejak mahasiswa, keinginan untuk menjadi pengusaha juga harus dimunculkan dari dalam diri mahasiswa. Agar tak lama menganggur setelah mendapat gelar sarjana, karena berharap jadi PNS. "Padahal gaji PNS juga tidak terlalu besar," kata Amirullah.

Dia mengatakan, rendahnya minat sarjana muda menjadi pengusaha membuat jumlah pengusaha di Indonesia belum mencapai 2 persen dari total jumlah penduduk. Padahal pengusaha yang paling banyak menyumbangkan pajak bagi pembangunan. "Alasan mereka semua sama, tidak punya modal," kata Amirullah.

Amirullah menjelaskan, saat ini persoalan modal bukan lagi alasan untuk tidak berusaha. Karena banyak lembaga baik milik pemerintah ataupun swasta yang siap membantu. Sepanjang ide usaha yang ingin dilakukan memiliki potensi yang baik. "Dan ketika gagal jangan cepat putus asa. Karena yang namanya usaha pasti harus gagal dulu," kata Amirullah.

Salah satu penyebab anak muda tidak tahan banting, kata dia, karena selama di kampus tidak pernah merencanakan untuk memulai usaha ketika lulus menjadi sarjana. Mahasiswa hanya fokus menyelesaikan tugas dengan harapan menjadi PNS. "Sembari belajar, kampus juga harus menjadi tempat untuk merencanakan usaha," katanya.

Comments
0 Comments

0 comments:

Posting Komentar

Arsip Blog