-- Sido Muncul Store -- Aneka Produk Jamu, Obat, dan Suplemen Herbal dari Sido Muncul Store di Tokopedia

Senin, 11 Desember 2017

Bisa Sedot Bandwith International, Menkominfo Desak PNS Tinggalkan Gmail dan Yahoo

Menteri Komunikasi dan Informatika (Menkominfo) Rudiantara mengajak seluruh Aparatur Sipil Negara (ASN) untuk menggunakan layanan email yang dibuat oleh pemerintah. Kebijakan ini dirasa lebih aman untuk menangkal kejahatan dunia maya.

"Hindari semaksimal mungkin menggunakan akun gratis seperti Gmail dan Yahoo," tegas Rudiantara saat meluncurkan mail.go.id sebagai layanan email untuk ASN di Gedung Kemenkominfo, Jalan Medan Merdeka Barat, Jakarta Pusat, Senin (11/12/2017).

Selain itu, kata pria yang biasa disapa Chief RA ini, menggunakan akun Yahoo maupun Gmail bisa memakan bandwidth international. "Jadi, itu ongkos bagi industri. Nah, itu bagi negara devisa keluar sebenarnya," terangnya. 

Dalam rangka memenuhi kebutuhan layanan email resmi pemerintah tersebut, Dirjen Aplikasi Informatika menyediakan layanan email pemerintah yang terpercaya yaitu mail.go.id. Layanan mail.go.id merupakan pengembangan dari layanan pnsmail.go.id yang telah digunakan oleh lebih dari 93.000 pengguna PNS. Layanan ini merupakan layanan email khusus pemerintah. 

Diharapkan layanan ini dapat menggantikan email PNS yang saat ini sebagian masih menggunakan email gratis asing. Penggunaan email asing dapat merugikan pemerintah karena merupakan salah satu sumber kebocoran informasi pemerintah.

Awareness penggunaan email pemerintah yang aman ini perlu ditingkatkan, mengingat semakin banyak koordinasi dan pertukaran dokumen melalui email. Masih banyak pegawai negeri sipil yang tidak menyadari pentingnya informasi dan dokumen pemerintah yang dikelolanya sehingga tidak tahu bahwa menggunakan email gratis tersebut telah membuka informasi penting tersebut.

Pada 2013, Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara (Menpan) telah menerbitkan Surat Edaran Nomor 03 tahun 2013 tentang penggunaan alamat email resmi pemerintah pada instansi pemerintah. Kewajiban ini perlu terus di dorong sehingga percepatan seluruh PNS menggunakan email pemerintah dapat terealisasi pada 2019.

Pemerintah akan terus mendorong semua instansi pemerintah untuk menggunakan email pemerintah dengan bekerja sama dengan Menpan, Badan Kepegawaian Nasional, dan seluruh Kementerian. Di sisi lain, layanan mail.go.id juga akan ditingkatkan terus sehingga layanan ini dapat diandalkan oleh semua instansi pemerintah.sumber:wartaekonomi.co.id
Comments
0 Comments

0 comments:

Posting Komentar

Arsip Blog