-- Sido Muncul Store -- Aneka Produk Jamu, Obat, dan Suplemen Herbal dari Sido Muncul Store di Tokopedia

Kamis, 28 Desember 2017

Keleidoskop CPNS 2017 - Cerita Unik Saat Penerimaan CPNS 2017

Saat seleksi penerimaan CPNS 2017 ditemui sejumlah cerita unik. Salah satunya tingkah CPNS melakukan berbagai cara agar bisa lulus tes. Caranya dengan membawa jimat saat ikuti tes penerimaan CPNS.

Hal ini ditemui di daerah Kalimantan, Sulawesi, dan Yogyakarta. Kepala Sub Bagian Hubungan Media dan Antar Lembaga Biro Humas Badan Kepegawaian Nasional (BKN) Diah Eka Palupi mengungkapkan hal itu.

"Berbagai upaya dilakukan agar bisa lulus SKD CAT. Jimat pun menjadi salah satu upaya agar bisa lulus," ujar Diah.

Jimat yang ditemui berupa kain hitam dan kain putih yang diisi dengan jampi-jampi, peniti, cincin akik, benang, dan batu-batu akik kecil dilinting di uang kertas Rp 10 ribu, dan kain digulung dengan lokasi penemuan di Palembang.

Bahkan ada juga yang membawa jimat tali pocong. Diah menuturkan, pihaknya menemukan jimat tersebut pas body check. Selepas ujian, semua jimat pun dikembalikan ke peserta.
Meski demikian tak semua peserta tes CPNS melakukan cara instan dan berbau mistis dengan membawa jimat saat ujian agar lulus CPNS. Ada juga peserta yang berjuang untuk bisa lulus hingga tahap akhir.

Dari akun media sosial dan dokumentasi BKN, di Palangka Raya, ada seorang peserta tes SKD CPNS Mahkamah Agung, Triana Puspita Sari yang berasal dari Kabupaten Kuala Kapus mampu catatkan nilai ambang batas tes SKD yang ditetapkan pemerintah. Ia mampu cetak total nilai 343 atau melebihi ambang batas (passing grade) yang ditetapkan sebesar 298 melalui sistem CAT.

Triana membagi resep agar bisa cetak nilai tinggi pada tes SKD CPNS. Triana hanya bermodalkan sebuah buku yang dibeli dari salah satu toko buku ternama di Indonesia agar lulus tes SKD.

"Saya belajar hanya dengan satu buku. Kalau simulasi CAT menggunakan komputer susah dilakukan di daerah saya, karena untuk mengakses internet, saya gunakan modem, jadi tidak stabil," ucap Triana yang harus menempuh tiga jam perjalanan darat untuk sampai di Kota Palangkaraya, lokasi tes SKD CPNS MA Tahun 2017.

Triana mengaku kalau dirinya baru pertama kali coba tes dengan sistem CAT. "Durasi waktunya terlalu singkat, jadi peserta berpacu dengan waktu sehingga tes SKD relatif susah," kata dia.

Ada juga cerita lain menarik dari peserta tes SKD CPNS MA. Salah satu peserta yang tidak disebutkan namanya itu menjalani tes SKD di Laboratorium Komputer Fakultas Ekonomi Universitas Khairun Ternate. Peserta ini membawa bayi saat ujian.

"Bayi lalu dititipkan ke suami, namun suami kewalahan saat bayi menangis. Lalu terpaksa dititipkan ke panitia hingga seleksi usai," tulis di akun BKN.

Tak hanya ditemui pencapaian nilai tinggi oleh peserta CPNS 2017 pada seleksi tahap pertama. BKN mencatat ada peserta yang mendapatkan nilai nol. Artinya ada peserta yang tidak menjawab soal sama sekali.

BKN juga melihat kalau tingkat kelulusan pelamar CPNS gelombang I di Kementerian Hukum dan HAM serta MA dalam seleksi SKD tergolong rendah. Tingkat kelulusan SKD peserta di MAK hanya sekitar 14 persen dari total peserta ikut ujian 19.728 orang. Jadi hanya 2.545 peserta penuhi nilai ambang batas kelulusan.

Kemudian hasil SKD formasi D3/MA Kementerian Hukum dan HAM hanya mencapai 7,16 persen. Jadi dari total peserta SKD sebanyak 267.692 hanya 19.166 peserta yang penuhi nilai ambang batas kelulusan.
Cerita unik lain juga datang peserta seleksi CPNS 2017. Kali ini berkaitan dengan nama peserta. Saat seleksi penerimaan CPNS 2017, ditemu nama-nama unik para peserta CPNS 2017.Ada peserta CPNS 2017 yang bernama Bill Clinton. Ia ikuti seleksi SKD Kementerian Agraria dan Tata Ruang/badan Pertanahan Nasional (BPN).

Bahkan ada nama peserta unik lainnya yaitu Top Member Only. Dirinya ikuti tes SKD Kementerian Lingkungan Hidup dan lulus SKD dengan nilai 317. Di Kalimantan Timur, ada peserta bernama Sabar Menanti Kejujuran. Ia ikut ujian untuk instansi Kementerian ATR/BPN.liputan6
Comments
0 Comments

0 comments:

Posting Komentar

Arsip Blog