-- Sido Muncul Store -- Aneka Produk Jamu, Obat, dan Suplemen Herbal dari Sido Muncul Store di Tokopedia

Senin, 23 April 2018

Menteri Asman Prioritaskan 10 Persen CPNS Diisi Lulusan Cum Laude

Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (MenPan-RB) Asman Abnur mengatakan, pemerintah pusat akan membuka lowongan Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) tahun 2018 sebanyak 200 ribu karena menganut asas ‘minus growth’. Konsep ini mengacu pembukaan lowongan CPNS tidak lebih tinggi dari jumlah PNS yang pensiun saat lowongan dibuka.

Menurut Asman, ada 200 ribu orang lebih PNS yang pensiun pada 2018. “Karena kita menganut ‘minus growth’. Itu juga merupakan usaha untuk menemukan angka ideal jumlah seluruh PNS di seluruh Indonesia," kata Menteri Asman Abnur di Mapolda Kalsel, Senin (23/4/2018).

Ia menuturkan jumlah PNS yang ada di Indonesia tercacat sebanyak 4,3 juta orang. Pada penerimaan CPNS tahun 2018, pihaknya akan lebih memprioritaskan pelamar CPNS sebanyak 10 persen lulusan dengan predikat cum laude. 

“Kami akan maksimalkan yang cum laude untuk direkrut sekitar 10 persen, dengan harapan putra bangsa yang pintar-pintar ini menjadi tenaga ahli calon pemimpin masa depan,” ujarnya. 

Ia mengatakan posisi bidang kesehatan dan pendidikan masih diprioritaskan karena sesuai layanan dasar masyarakat. Namun, Asman tetap memperhitungkan posisi lain sesuai nawacita, seperti tenaga teknis pembangunan infrastruktur. 

Dengan sistem itu, Asman Abnur berharap PNS yang diterima memiliki kompetensi yang baik dan sesuai dengan kebutuhan. Seperti tahun 2017, kata Asman, yang direkrut sebanyak 37 ribu orang yang mendaftar ada 2,4 juta lebih. “Kami perkirakan tahun 2018 ini ada sebanyak 4 hingga 5 juta yang akan melamar jadi CPNS,” katanya.kumparan
Comments
0 Comments

0 comments:

Posting Komentar

Arsip Blog