-- Sido Muncul Store -- Aneka Produk Jamu, Obat, dan Suplemen Herbal dari Sido Muncul Store di Tokopedia

Rabu, 29 Oktober 2014

Bikin PNS Kecanduan, Mahjong Bakal Dilarang di China

Surat kabar corong pemerintah China, People's Daily, hari ini, Selasa (28/10), mendesak adanya peraturan melarang pegawai negeri sipil bermain mahjong. Ini adalah gagasan pendukung, setelah kemarin Negeri Tirai Bambu resmi melarang PNS berkunjung ke sauna dan panti pijat.

Tajuk Rencana People's Daily hari ini mendesak pemerintah China segera menghentikan kebiasaan para abdi negara yang kecanduan main mahjong. Di negara itu, rupanya banyak pejabat pemerintah mengaku studi banding ke tempat wisata, dan hasilnya cuma menghabiskan waktu bermain kartu tradisional tersebut.

"Jangan sampai PNS itu dibiarkan memakai uang negara untuk studi banding ke temat-tempat bersejarah, tapi ternyata mereka cuma ke lokasi hiburan mahjong," tulis harian tersebut, seperti dilansir Channel News Asia.

Presiden Xi Jinping selama beberapa bulan terakhir menyerukan kebijakan keras buat mengatasi korupsi. Pemerintah Negeri Panda mengakui yang banyak menyeleweng justru pejabat Partai Komunis China. Adapun pegiat demokrasi menuding langkah tegas presiden Jinping tidak akan efisien. Soalnya media massa di negara itu belum dibiarkan transparan. Alhasil kelakuan bejat pegawai negeri merajalela tanpa ada kontrol.

Mahjong adalah permainan populer bagi masyarakat China sejak berabad-abad lamanya. Bahkan, permainan ini kabarnya diciptakan oleh Konfusius.

"Tapi kegemaran PNS China memainkan mahjong sudah keterlaluan. Pemerintah harus bertindak," tulis Surat Kabar People's Daily.

Kebiasaan PNS China studi banding lalu bersenang-senang ini, ternyata tak jauh beda dari abdi negara di Indonesia.


Comments
0 Comments

0 comments:

Posting Komentar

Arsip Blog